Pages

Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka
On


Bagi pengguna Windows, baik itu 98, Me, Xp, Vista atau Seven, pasti sudah mengenal baik dengan fungsi refresh pada dasktop yang bisa dipanggil dengan cara mengklik kanan pada mouse atau menekan tombol F5. Tidak jelas dari mana fungsi refresh ini datang dan siapa yang pertama kali mempopulerkannya, sehingga ada beberapa orang yang membuat menu shortcut-nya dengan menekan tombol F5 beberapa saat yang membuat komputer ter-tsunami-kan refresh.

Ada beberapa pemahaman tentang fungsi refresh ini. Ada yang mengatakan untuk me-refresh RAM, ada yang mengatakan untuk mempercepat proses booting/saat menyalakan komputer bahkan ada yang mengatakan hanya ikut ikutan aja. Bahkan aku pernah melihat seorang teman yang merefresh dengan menekan tombol F5 selama beberapa detik pada saat komputernya baru saja selesai booting. Jujur ngeri deh melihatnya..

Tapi apa sih sebenarnya fungsi refresh ini? dan apa pengaruhnya terhadap komputer kita?
Fungsi refresh sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pemahaman-pemahaman diatas, bahkan bisa dikatakan tidak masuk akal. Kenapa? Karena fungsi refresh pada dasktop hanya untuk memuat kembali icon pada dasktop.. itu saja..!. Misalnya pada saat kita menemukan icon pada dasktop seperti ini
Maka, disinilah fungsi refresh bisa digunakan untuk mengembalikan gambar icon yang gagal muat. Atau saat kita melakukan sortir pada icon sesuai dengan abjad, jika ada icon baru yang tampil tapi berada pada urutan paling bawah, kita bisa menggunakan refresh untuk mengurutkan icon tadi sesuai dengan abjadnya.

Jadi. Fungsi refresh pada dasktop tidak akan menyegarkan kembali RAM kamu, tidak akan meningkatkan performa komputer kamu dan tidak akan menyegarkan kembali komputer kamu saat setelah booting.

Bahkan sebenarnya fungsi refresh akan membuat CUP Usage manjadi naik turun (naik ketika mengklik refresh dan turun setelah refresh selesai. Jika kamu menggunakan gadget CPU Usage Monitor, kamu bisa melihat naik turunya CUP Usage ketika refresh.

Sebelum refresh


setelah refresh


Sekarang mari kita bayangkan, pada saat komputer kita booting/proses menyalakan komputer, sudah dapat dipastikan komputer akan memakai CPU Usage besar-besaran, karena adanya autostart program, belum selesai komputer membuka program ter-autostart semua, perintah refresh muncul bahkan berkali kali, apa gk puyeng tuh komputernya, sudahlah autostart memakai CUP Usage besar besaran ditambah pula dengan perintah refresh.

Jadi masih mau menggunakan perintah refresh? Terserahlah, semua tergantung dengan pemahaman masing masing, yang jelas aku tidak pernah lagi menggunakan perintah refresh dasktop, karena menurutku nggak ada gunanya (kecuali untuk men-sort icon) bahkan akan membuat lelah komputerku aja. Aku nggak mau dong melihat komputerku tiba-tiba restart sendiri karena kelelahan.
 
Sumber :  http://www.theherysandy.com